Follow by Email

Cari Blog Ini

Blogroll

Cara Kerja Boomerang Agar Balik Lagi



Agan Pasti tau dong benda yang satu ini, ya ini namanya bumerang (iyalah  ). Nah, coba deh agan lempar tuh bumerang.. nah loh balik lagi  . Gerakan bumerang ini tuh kombinasi translasi dan rotasi mirip sama bilah helikopter . Nah di trit ini, ane mau mengulas tentang bagaimana baling baling bambu ini bisa melayang dan balik lagi 


Boomerang bekerja dengan dua prinsip, yaitu :
1. Hukum Bernaulli, bahwa  (untuk ketinggian yang sama pada fluida yang sama >>> makin cepat laju fluida maka makin kecil tekanannya)

2. Hukum Gerak ke-3 Newton yang diadaptasi untuk rotasi, torsi reaksi = - torsi aksi

Nah, desain boomerang dibuat sedemikian rupa jadi waktu bergerak di udara, boomerang membelokkan aliran udara ke atas (kecepatan aliran makin cepat), dengan begitu menciptakan "efek gaya angkat kapal terbang", yakni sesuai Prinsip Bernaulli, karena aliran udara di atas boomerang lebih cepat dari aliran udara di bawah boomerang, maka perbedaan tekanan ini menghasilkan gaya angkat. Dengan begitu boomerang bertahan lebih lama di udara.



Bumerang yang berputar itu sebenernya cuma 2 sayap yang disatuin di sudut 80 dan 120 (walaupun ada yang 3 / 4 sayap, tapi sayapnya disusun sedemikian rupa jadi bisa balik kayak yang 2 sayap). Nah, kombinasi putaran dengan gerakan maju dari sayap ini menyebabkan terjadi perputaran yang tidak biasa karena dalam waktu yang sama satu sayap muter ke arah depan, satunya lagi ke arah belakang. Jadinya aliran udara di atas sayap di satu sisi rotasi punya kecepatan udara dari satu sayap yang lain jadi sayap tsb lebih mengangkat. Putaran tak merata ini berusaha untuk memiringkan bumerang dan putaran bumerang itu membuat membuat terbangnya bumerang melengkung. kekuatan kemiringan itu juga membuat pusat bumerang maju, dan bumerang bergerak turun di akhirnya. nah, ini namanya gyroscopic precession.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShareThis