Cari Blog Ini

Blogroll

Cara Proteksi Cell / Rumus di Excel

Kadang kita berpikir untuk mengamankan rumus Excel agar tidak terjadi perubahan ketika digunakan kembali, hal itu dikarenakan banyaknya tangan-tangan yang bekerja atau mengoperasikan file yang kita buat itu. Sebenarnya kita bisa dengan mudah menguncinya, tetapi hal tersebut masih bisa ditiru kemudian dirubah dan dibuatkan file baru yang sama. Nah, cara terbaik adalah dengan mengunci sekaligus menyembunyikan rumus tersebut.
  • · Langkah pertama yang harus dilakukan adalah blok sel yang akan kita sembunyikan rumusnya.
  • · Pilih Format>Cell, pilih tab Protection. Aktifkan Locked untuk menguncinya dan Hidden untuk menyembunyikannya lalu klik OK.
  • · Pastikan sel lain tidak ikut terkunci agar kita sewaktu-waktu bisa merubah data yang telah ada (Locked tidak aktif, karena default-nya Locked aktif) yaitu dengan memblok semua sel yang tidak akan dikunci. Kemudian jangan aktifkan Locked dan Hidden.
  • · Pilih Tools>Protection>Protect Sheet…. Akan muncul kotak dialog Protect Sheet. Aktifkan Contents, kemudian ketik passwordyang akan digunakan, lalu OK. Muncul dialog Confirm Passworduntuk memastikan. Ketik kembali password yang sama, lalu OK.Dan, sim salabim… rumus akan menghilang dengan tiba-tiba.
  • · Untuk memunculkannya kembali, pilihTools>Protection>Unprotect Sheet…. Ketik password-nya, lalu OK.Dan, abrakadabra… rumus akan muncul kembali.
Yang perlu Anda perhatikan, password harus selalu diingat karena bila lupa Anda tidak bisa memunculkan rumus tersebut. Untuk menjaganya, buatlah daftar password pada file atau dokumen terpisah.
MASIH BINGGUNG ????
He..he…  saya kasih cara singkatnya deh …….
Secara default, semua cell akan di lock bila proteksinya di set, jadi sebelum
proteksi diaktifkan, hilangkan lock pada cell yang tidak ingin di proteksi,
caranya
1. blok cell yang tidak ingin diproteksi.
2. format – cell
3. klik tab Protection
4. hilangkan tanda cek pada “locked”
setelah itu baru aktifkan proteksinya denga tools – protectionn – protect
sheet
Begitu doang maksudnya……  Kalau tidak paham juga, nanya aja ama yang jago komputer di sekitar kamu yah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShareThis