Follow by Email

Cari Blog Ini

Blogroll

10 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari

Mood positif menjadi modal utama kelancaran dalam menjalani aktivitas harian.

Membangun “mood” positif di pagi hari agar semangat beraktivitas bukanlah perkara mudah. Rasa kantuk yang menggelayuti hingga lelah yang masih bersarang di tubuh kerap menjadi kendalanya. Jika Anda termasuk dalam jajaran yang mengalami masalah tersebut, memilih makanan yang dapat membangkitkan mood menjadi cara yang dapat dilakukan. Womansday membeberkan resepnya.

1. Melakukan hal yang menyenangkan diri selama 30 detik
Ketika Anda terbangun, berilah waktu sekira 30 detik untuk melakukan hal yang menyenangkan pada diri Anda. Misalnya, memuji diri sambil mematut diri di depan cermin atau melakukan hal lainnya.

2. Makan makanan yang seimbang
Mulailah pagi Anda dengan makanan bernutrisi tinggi seperti campuran karbohidrat kompleks dan protein sehingga energi selama satu hari penuh terisi. Anda dapat mencoba oatmeal atau roti panggang dengan selai kacang.

3. Menghirup udara segar
Keluarlah sejenak atau bediri di dekat jendela. Setelah itu hiruplah udara segar di pagi hari. Para peneliti menemukan, bahwa orang yang menghirup udara di pagi hari sambil melakukan berbagai olahraga atau sekadar berjalan santai dapat memberikan efek positif sebelum beraktivitas.

4. Mendengarkan orkestra alam
Suara-suara gemerisik air di kolam, dedaunan yang bergesekan sambil dihiasi kicau burung, dan orkestra alam lainnya yang berdendang sangat menenangkan hati. Dalam penelitian terbaru, penderita stres dapat lebih cepat pulih dengan mendengarkan rekaman tersebut.

5. Fokus pada perasaan positif
Untuk menciptakan “mood” yang positif, memerbanyak pikiran positif dalam diri adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Bayangkan Anda mendapatkan kejutan manis di pagi hari dari orang terkasih sehingga dapat memunculkan semangat positif sebelum beraktivitas.

6. Minum cokelat panas
Sebuah studi umum menemukan, bahwa minuman yang mengandung flavonol cokelat dapat meningkatkan suasana hati dan menguatkan diri ketika menghadapi serangkaian masalah. Jadi, segera nikmati secangkir cokelat panas untuk membantu membangun suasana hati Anda.

7. Luangkan waktu sejenak untuk menilai diri sendiri
Jangan dulu beranjak dari tempat tidur ketika terbangun di pagi hari. Sebaliknya, luangkan lima menit untuk memerhatikan tubuh Anda terlebih dulu dan berikanlah penilaian positif sambil menarik nafas dalam-dalam. Hal ini sangat ampuh memercikkan percaya diri dan membangun “mood” positif di pagi hari.

8. Ciptakan selalu rasa syukur
Selalu mensyukuri apa yang dimiliki dan dirasakan dalam keseharian merupakan cara ampuh untuk membuat “mood” tetap seimbang. Untuk membangkitkan rasa syukur ingatkan selalu diri Anda terhadap hal-hal menyenangkan yang telah Anda dapatkan dan juga impian Anda yang ingin digapai. Cara ini dapat membantu Anda mendapatkan “mood” positif.

9. Tarik nafas dalam-dalam
Para peneliti menemukan, bahwa suasana hati yang sempurna dapat membantu secara efektif melawan kelelahan. Jadi, cobalah untuk menjaga “mood” Anda dengan menarik nafas dalam-dalam sambil mengunyah permen mint sehingga dapat mengangkat suasana hati.

10. Tersenyum
Ada banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk luapan kebahagiaan. Dengan tersenyum yang sering terlupakan saja, “mood” positif Anda pun langsung bangkit. Jadi, pamerkan segera senyum indah Anda pada sekeliling dan suasana ringan pun langsung melingkupi diri Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ShareThis